Jumat, 18 November 2011

Bahasa Jepang


            Bahasa jepang menggunakan tiga macam penulisan yang lazim digunakan yaitu hiragana, katakana dan kanji. Hiragana dan katakana adalah huruf asli buatan jepang, sedangkan kanji adalah huruf cina yang dipakai bersama dengan kedua huruf pertama. Selain intu dipakai juga huruf roma-ji (latin) yang banyak digunakan untuk penutur asing saat mempelajari percakapan bahasa jepang secara praktis.
            Cara penyuaraan bahasa jepang mirip dengan penyuaraan bahasa indonesia yang diucapkan secara apa adanya huruf tersebut, misalnya : a, i, u, e,o. Ada pengecualian untuk kata-kata berikut ini : desu dibaca “des” dan mesu dibaca “mas”.
GARITMATIKA DASAR (KIHON BUNPOU)
            Beberapa singkatan yang digunakan N (kata benda), V (Kata kerja), A (kata sifat)
1.    Bentuk Kalimat Positif
N1 wa N2 desu
Contoh :
a.    Watashi wa kaishain desu (saya seorang karyawan)
b.    Yamada-san mo kaishain desu (yamada juga seorang karyawan)
Catatan : Jidikat pada kalimat kedua sama dengan yang pertama, maka sebagai pengganti partikel wa, digunakan partikel mo, yang artinya adalah juga.
2.    Bentuk kalimat negatif
N1 wa N2 dewa arimasen
Contoh :
Watashi wa kaishain dewa arimasen (saya bukan seorang karyawan)

3.    Pertanyaan
N1 wa N2 desu ka ?
Contoh :
Anata wa kaishain desu ka? (apakah anda seorang karyawan)

4.    Jawaban
Contoh :
a.  Hai, Kaishain desu. (ya, saya seorang karyawan)
b. Hai, sou desu. (ya, benar)
c.  Iie, kaishain dewa arimasen. (bukan seorang karyawan)
d. Iie, sou dewa (ja) arimasen. (bukan)



N1 wa N2 deshita
Contoh : watashi gakusei deshita. (saya (dulu) adalah pelajar)
N1 wa N2 dewa arimasen deshita
Contoh : watashi wa gakusei dewa arimasen deshita. (saya (dulu) bukan pelajar)
Kore-kore-are-dore? (benda)
Koko-soko-asoko-doko? (tempat)
Kochira-sochira-dochira? (arah)
Catatan :
Ko---untuk apapun yang dekat dengan orang pertama (pembicara)
So----untuk apapun yang dekat dengan orang kedua (pendengar)
A----untuk apapun yang jauh baik dari orang petama maupun orang kedua namun bendanya kelihatan
Do----untuk menanyakan “dimana/yang mana”.
Contoh :
a.  Kore wa hon desu. (ini adalah buku)
b. Hon wa dore desu ka? (yang mana buku?)
N1 no N2 desu
Contoh :
Watashi no jidousha desu (mobil saya)
Kore wa watashi no desu. (ini adalah mobil saya)

5.    Kata sifat berakhiran i dan na bentuk positif
A-i + desu
Contoh :
Omoshiroi desu (menarik), chiisai desu (kecil)
A-na + desu
Contoh :
Kirei desu. (kirei-na -> kirei-da -> kirei desu) -> cantik
Shizuka desu. (shizuka-na -> shizuka-da -> shizuka desu) -> sepi

ini adalah kata2 dalam bahasa jepang yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari, dan biasanya sering muncul dalam roleplay:
Ohayou : selamat pagi
Konnichiwa : selamat siang
Konbanwa : selamat malam
Genki desu ka/Genki? : apa kabar?
Gomennasai / Gomen : Maafkan aku.
Daijobu desu ka / daijobu? : Kamu baik-baik saja?
Baka : bodoh
sugoi : hebat!
Ja nee : bye bye!
mata ashita : sampai bertemu besok
sayonara : selamat tinggal
Oyasumi : selamat tidur.
Ganbatte ne! : berjuang, ya!
Irasshaimase : selamat datang
Tadaima : aku pulang
hontou? : benarkah??
kakkooi : keren
sukebe : cabul / mesum -.-;
arigatou : terima kasih
dou itashimashite : terima kasih kembali
shotakon : pedofil,bwakkakakakak...:P
onee-san: kakak cewe
onii-san: kakak cowo
okaa-san/haha: ibu
otoo-san/chichi: ayah
ojii-san: paman
obaa-san: tante 

akhiran
-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
-chan: untuk anak kecil atau orang yang akrab
-kun: untuk cowo
-han: normal untuk logat kansai(kalau ga salah)
-sama: peringkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
-dono: setingkat dibawah
-sama, tapi juga menandakan rasa hormat.

kata ganti orang pertama
watashi: saya(formal)
atashi: aku(cewe)
boku: aku(cowo)
ore: gw
watashi/ore/bokutachi: kami

tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak contohnya: watashitachi = kami
anatatachi = kalian
tambahan:
aitsu = dia
aitsutachi = mereka doumou.
tambahan lagi:
-sensei: guru/dokter
-sempai: senior



Tidak ada komentar:

Posting Komentar